Kegunaan Multifungsi Dari Tumbuhan Rami

tumbuhan rami

Djolbis – Selama ribuan tahun, sampai 1883, rami adalah tanaman pertanian terbesar di dunia, yang sebagian besar serat, kain, sabun, minyak lampu, kertas, dupa, dan obat-obatan yang diproduksi. Selain itu, itu adalah sumber utama minyak dan protein makanan pokok bagi manusia dan hewan. Biji rami mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan bagi kesehatan. Minyak dari biji rami memiliki persentase tertinggi dari asam lemak esensial dan persentase terendah lemak jenuh.

Satu hektar rami memproduksi kertas lebih dari satu hektar pohon. Kertas yang terbuat dari rami berlangsung selama berabad-abad, dibandingkan dengan 25-80 tahun untuk kertas yang dibuat dari bubur kayu. Deklarasi Kemerdekaan AS ditulis di atas kertas rami.

Industri rami mengandung kurang dari 1% dari THC, komponen psikoaktif ganja (yang juga disebut ganja). Mencoba untuk mendapatkan tinggi pada ganja industri adalah serupa dengan mencoba untuk mendapatkan mabuk bir non-alkohol. Hemp dipaksa dari pasar pada akhir abad ke-19 dengan kampanye yang diluncurkan oleh surat kabar taipan yang juga memiliki saham pengendali di pabrik kertas dan industri kapas. Masih sebagai salah satu yang paling memalukan namun setidaknya berbicara tentang contoh penipuan dalam sejarah dunia.

Pada tahun 1937, Kongres meloloskan Undang-Undang Pajak Marijuana yang secara efektif menghentikan produksi ganja di Amerika Serikat. Itu sebentar diganti selama Perang Dunia Kedua ketika pasokan luar negeri kering tapi kampanye, disebut Hemp Untuk Kemenangan, ditarik dengan cepat setelah perang.

Rami dapat tumbuh di hampir semua kondisi iklim atau tanah, dan tumbuh sangat cepat, menghasilkan hingga 4 tanaman setahun. Kanada, China dan Perancis adalah produsen utama ganja. George Washington dan Thomas Jefferson keduanya menumbuhkan rami. Ben Franklin dimiliki mempunyai sebuah pabrik yang membuat kertas rami. Tapi hari ini Amerika Serikat adalah satu-satunya negara industri di dunia di mana tumbuh ganja dilarang.

pohon rami yang berasal dari daratan Cina itu juga tumbuh subur di Indonesia. Selain itu serat rami adalah bahan yang ramah lingkungan. Malahan, saat ini Amerika melalui pihak ketiga telah menanam ribuan hektare rami di wilayah Kalimantan Timur.
Rami juga bisa dijadikan bahan jaket, helm, atau tank anti peluru biasanya dibuat dari serat Kevlar yang merupakan derivatif dari minyak bumi. Untuk jaket anti-peluru standar Polri dari bahan Aramid.

Kegunaan Batang Rami
Proses dekortikasi menghasilkan limbah rami yang sangat baik untuk pupuk organik ( kompos). Setelah mengalami bio proses, pupuk organik dari batang rami tersebut dapat digunakan untuk pemupukan tanaman. Di samping tanaman rami itu sendiri kelebihannya dapat digunakan untuk tanaman hortiku-tura atau tanaman perkebunan lainnya. Kegunaan batang rami yang lain adalah sebagai bahan baku pulp (kertas), bahan baku particle board serta mempunyai kandungan cellulosa yang cukup baik untuk dijadikan bahan baku propelant double base (bahan baku isian dorong peluru).

Mobil Rami (Hemp)

Pada tahun 1941, perusahaan motor Ford menghasilkan mobil eksperimental dengan tubuh plastik terdiri dari 70% serat selulosa dari ganja. Bodi mobil bisa menyerap pukulan 10 kali lebih besar baja tanpa denting. Mobil itu juga dirancang untuk pemakaian minyak rami. Karena larangan pada kedua rami dan alkohol mobil tidak pernah diproduksi massal. Pada tahun 2008, Lotus Cars mengumumkan mereka akan menggunakan ganja dalam produksi panel bodi untuk mereka Lotus Elise Eco.

hemp car

lotus Eco Elise
otus_eco_elise

sumber: http://didyouknow.org/hemp/
http://malangraya.web.id/2008/12/31/eko-marsyahyo-dosen-itn-penemu-bahan-anti-peluru-dari-serat-pohon-rami/

Tags:

About Kremos Djolbi

I'm simple and funny..

Sampaikan Pendapat Kamu !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: