Kumbang Sang Ahli Navigasi

Kumbang Kotoran
Source: NASA

Djolbis – Bagi kumbang kotoran, tinja sangat bermanfaat. Serangga ini memakannya dan bertelur di sana. Kumbang jantan akan memberikan sebongkah besar kotoran kepada kumbang betina untuk menarik perhatiannya. Ada persaingan yang ketat untuk mendapatkan kotoran yang baru.
Para peneliti pernah melihat bahwa ada kira-kira 16.000 kumbang yang mengerumuni setumpuk kotoran gajah dan hanya dalam waktu dua jam kotoran itu lenyap.Beberapa jenis kumbang kotoran memisahkan diri dari kerumunan dengan membentuk kotoran menjadi bola, kemudian membawanya pergi dengan menggulingkannya lalu menguburnya di tanah yang lunak. Mereka menggulingkan bola kotoran itu lurus ke depan, karena inilah cara yang paling cepat untuk menjauh dari kerumunan dan agar bola itu tidak dicuri kumbang lain.

Tapi, bagaimana kumbang kotoran bisa tahu arah, khususnya pada malam hari?

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kumbang kotoran bisa mengetahui arah dengan bantuan cahaya matahari atau bulan. Tapi, mereka juga bisa tetap berjalan lurus ke depan sekalipun tidak ada cahaya bulan. Menurut para peneliti di Afrika Selatan, kumbang ini ternyata tidak memanfaatkan cahaya satu bintang tertentu, tapi cahaya dari galaksi Bima Sakti. Jurnal Current Biology melaporkan bahwa kumbang ini adalah ”binatang pertama yang tercatat bisa menggunakan Bima Sakti sebagai penunjuk arah”.

Seorang peneliti bernama Marcus Byrne menyatakan bahwa kumbang kotoran memiliki ”sistem navigasi visual yang efektif yang bisa bekerja sekalipun cahaya bintang hampir tak terlihat, dengan menggunakan kemampuan otaknya yang terbatas”. Ia juga menambahkan, ”Dari kumbang ini, manusia mungkin bisa belajar caranya mengatasi berbagai masalah pemrosesan visual yang pelik.” Misalnya, dengan meniru sistem navigasi kumbang kotoran, kita bisa memprogram robot untuk mencari sesuatu dalam bangunan yang runtuh.


Did You Know?

Kumbang kotoran menggemburkan dan menyuburkan tanah, menyebarkan benih, dan mengendalikan populasi lalat.


Referensi: Jw.org

Tags: , , , , ,

About Djolbi

My main curiosity is to learn. I was looking for something new to learn, understand and correct myself. and most importantly, write what I enjoy.

Sampaikan Pendapat Kamu !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: